Belajar Membuat Ecobrick oleh Pelajar Terbanyak

Share:
Belajar Membuat Ecobrick oleh Pelajar Terbanyak

Saat ini Indonesia menduduki peringkat kedua sebagai penghasil sampah plastik terbanyak di dunia setelah Cina. Hal tersebut yang mendasari PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) yang bekerja sama dengan Yayasan Inspirasi Anak Bangsa dan mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengedukasi pelajar Sekolah Dasar dengan melakukan pelatihan pembuatan ecobrick.

Ecobrick merupakan bata ramah lingkungan terbuat dari botol yang diisi dengan sampah plastik hingga padat. Sebuah botol plastik ukuran 600 mililiter dapat diisi sekitar 250 gram sampah plastik atau setara dengan 2.500 lembar plastik bungkus mi instan. Botol-botol hasil Ecobrick dapat dirangkai dengan lem dan dibentuk menjadi kursi, meja, dan bahkan bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuat tembok selayaknya batu bata.

Sebanyak 1.115 pelajar yang tersebar di 5 SDN wilayah Jakarta Selatan, Kecamatan Mampang Prapatan dan 2 Kelurahan (Pela Mampang dan Kuningan Barat) mengikuti pelatihan pada 16 Desember hingga 19 Desember 2019 yang masuk dalam rangkaian HUT ke-10 PT PII (Persero).

Rekoris:
1. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
2. PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)
3. Yayasan Inspirasi Anak Bangsa

Pelaksanaan: Jakarta, 19 Desember 2019

Ditulis oleh Tim MURI

Belajar Membuat Ecobrick oleh Pelajar Terbanyak