Perang Air Peserta Terbanyak

Share:
Festival Perang Air Peserta Terbanyak

Festival Perang Air yang awalnya dikenal sebagai Cian Cui adalah perpaduan tradisi budaya saling menyiram air oleh etnis Melayu saat Lebaran dengan etnis Tionghoa saat mengawali Tahun Baru Imlek.

Dahulu diselenggarakan secara spontan dan sporadis serta mengundang kerawanan sosial dan kamtibmas, kemudian dilembagakan serta diorganisir menjadi atraksi budaya yang melibatkan seluruh komponen masyarakat Selatpanjang di Kabupaten Meranti mulai tahun 2014.

10.000 warga Selatpanjang menggunakan berbagai perlengkapan seperti ember, gayung dan pistol air untuk berpartisipasi dalam perang air serta berkeliling kota menggunakan motor dan becak motor untuk menyiram air yang telah dipersiapkan dalam wadah. Penduduk dalam rumah-rumah di pinggir jalan juga siap menyiram air ke motor dan armada bentor yang lewat.

Festival yang digelar selama 6 hari mulai pukul 16.00 hingga 18.00 di awal Tahun Baru Imlek ini memenangkan kategori Festival Pariwisata Terpopuler di Indonesia 2018 oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Nomor Rekor: 8837

Rekoris :
1. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti
2. Drs. H. Irwan, M. Si, Bupati Kepulauan Meranti

Pelaksanaan : Selatpanjang, Meranti, 7 Februari 2019

Ditulis oleh Tim MURI

Festival Perang Air Peserta Terbanyak