Pelayanan KB secara Serentak dengan Akseptor Terbanyak

Share:
IMG-20200701-WA0021

Dalam semangat memperingati Hari Keluarga Nasional ke-27, BKKBN menggelar Gerakan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor diselenggarakan pada Senin (29/6) dengan mempertimbangkan pendekatan budaya kearifan lokal serta tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Pelayanan tersebut dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dengan mencapai target layanan sebanyak 1.435.475 akseptor.

Hal ini merupakan upaya BKKBN mengatasi dampak pandemi, yakni pengurangan kunjungan masyarakat ke fasilitas kesehatan yang berakibat pada jumlah peserta KB aktif maupun peserta KB baru, sehingga dikeluarkan kebijakan untuk menggenjot peningkatan kesertaan ber-KB untuk mengantisipasi kemungkinan ledakan kelahiran di masa mendatang.

Pelayanan KB sejuta akseptor dilakukan di Puskesmas dengan prioritas Puskesmas Rawat Inap, Praktik Mandiri Bidan (PMB), kunjungan rumah, rumah sakit atau fasilitas kesehatan dan Pelayanan KB Bergerak. Layanan yang diberikan mencakup pelayanan KB baru termasuk KB Pasca persalinan, KB ulangan, dan KB ganti cara.

Jenis Pelayanan KB terdiri dari pil, kondom, suntik, IUD, implan, MOW dan MOP dengan tetap memperhatikan kualitas pelayanan, kondisi zona wilayah dan protokol pelayanan pada masa pandemi Covid-19.

Dalam kegiatan tersebut, BKKBN turut memberi bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada bidan untuk mendukung pelayanan kontrasepsi.

Nomor Rekor: 9517

Rekoris: Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)
Pelaksanaan: Jakarta, 29 Juni 2020

Ditulis oleh Tim MURI

IMG-20200701-WA0021