Sajian Nasi Kenduri Dalam Sarang Terbanyak

Share:
Sajian Nasi Kenduri Dalam Sarang Terbanyak

Ikatan Keluarga Sawahan (IKS) adalah organisasi yang didirikan pada tahun 1980-an untuk menghimpun para perantau yang berasal dari Dusun Sawahan, Bleberan, Playen, Gunungkidul. Anggota IKS saat ini telah mencapai 2.353 yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satu tradisi yang diadakan adalah reuni setiap 3 tahun sekali.

Pada reuni ke-10, IKS menyajikan 2.279 porsi nasi kenduri dalam sarang. Kenduri adalah tradisi unik yang dilakukan oleh setiap warga di masing-masing dusun atau desa di Kabupaten Gunungkidul yang biasa dilakukan untuk memperingati Hari Bersih Dusun atau disebut Rasulan. Setiap rumah menyediakan nasi uduk dan lauk pauk seperti suwiran ayam dan telur serta beberapa tambahan lain seperti sayur kentang goreng, orek tempe dan beberapa pelengkap lainnya untuk dikumpulkan jadi satu pada hari kenduri tersebut.

Kenduri dilakukan saat semua nasi dan perlengkapannya yang dikumpulkan kemudian dilakukan doa bersama yang dipimpin oleh seorang sesepuh desa atau disebut modin.

Setelah didoakan bersama, nasi dan lauk pauk dibagikan kepada semua peserta yang hadir akan mendapatkan bagian yang sama dengan wadah yang disebut “sarang”, sebuah wadah berupa anyaman daun kelapa dan dapat menjadi sebuah keranjang bawaan. Nomor Rekor: 9391

Rekoris : Ikatan Keluarga Sawahan (IKS)
Pelaksanaan : Lapangan Balai Dusun Sawahan, Kabupaten Gunungkidul, 27 Desember 2019

Ditulis oleh Tim MURI

Sajian Nasi Kenduri Dalam Sarang Terbanyak