Grup Band Pertama dengan Semua Anggota Perempuan

Diposting Pada 19 March 2021

Disusun oleh Tim Muri

Dara Puspita adalah grup musik asal Surabaya beranggotakan Titiek Adji Rachman (gitar melodi), Lies Soetisnowati Adji Rachman (bas), Susy Nander (drum), dan Ani Kusuma (gitar pengiring) yang dibentuk tahun 1964.

Album pertama berjudul Jang Pertama direkam secara langsung dan dirilis dalam bentuk piringan hitam berisi lagu Pantai Pattaya, Tanah Airku, Mari Mari, Ali Baba, Kenangan yang Indah, Burung Kakaktua, Lagu Gembira, dan Surabaya.

Dara Puspita mengawali tur ke Eropa pada Juli 1968 dengan mengunjungi beberapa negara seperti Iran, Jerman Barat, Turki dan Hongaria, Perjalanan di Hongaria berakhir bulan Oktober 1969. Selama kurun waktu itu, Dara Puspita mengadakan lebih dari 250 pertunjukan di 70 kota besar dan kecil. Pada saat itulah mereka berkenalan dengan dua dari empat manajer yang menangani mereka di Inggris.
Di London, Dara Puspita diperkenalkan kepada Collin Johnson dari NEM Enterprise yang menangani The Beatles pada awal kariernya. Sebelum meninggalkan Inggris menuju ke Prancis, Dara Puspita menghasilkan singel Ba Da Da Dum dan Dream Stealer. Dari Prancis mereka menuju ke Belgia, Spanyol, dan Belanda hingga kembali ke Indonesia pada 11 September 1971.

Share :