Setelah Islam b">

Kolektor Jadwal Imsakiah Ramadan dari Negara Terbanyak

Diposting Pada 07 May 2021

Disusun oleh Tim Muri

Setelah Islam berkembang dan berdialog dengan peradaban luar, khususnya Yunani yang memiliki tradisi observasi yang dikompilasi dalam bentuk “zij” atau tabel astronomi memberi inspirasi bagi para ilmuwan muslim untuk membuat jadwal waktu salat.

Jadwal waktu salat mulai abad ke-20 menyatu dalam kalender tahunan dan ada pula jadwal waktu salat harian yang dimuat di media massa. Khusus bulan Ramadan, jadwal waktu salat diistilahkan dengan “Jadwal Imsakiah” karena memuat jadwal imsak sebagai pertanda untuk bersiap-siap memulai puasa Ramadan setiap hari.

Prof. Dr. H. Susiknan Azhari yang juga Guru Besar Fakultas Syari'ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta serta Direktur Museum Astronom memperhatikan keindahan Jadwal Imsakiah Ramadan. Bertahun-tahun ia mengumpulkan berbagai macam bentuk Jadwal Imsakiah Ramadan yang berasal dari 41 negara, antara lain Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Saudi Arabia, Kuwait, Oman, Uni Emirat Arab, Mesir, Syiria, Irak, Iran, Sudan, Tunisia, Libanon, Palestina, Maroko, Al-Jazair, Libya, Afrika Selatan, Pakistan, India, Taipei, Jepang, Korea Selatan, Australia, Turki, Amerika, Inggris, Austria, Perancis, Jerman, Swedia, Denmark, Irlandia, Belanda, Polandia, Italia, Bosnia dan Philipina.

Koleksi Jadwal Imsakiah Ramadan tertua berusia 85 tahun menurut kalender Hijriah atau 83 tahun menurut kalender syamsiah yang dimiliki berasal dari Mesir yang dibuat untuk Jadwal Imsakiah Ramadan 1357 H atau 1938 M.

 

Share :