Kontes Komunikasi Amatir Radio Ekuatorial Pertama melalui Satelit

Diposting Pada 02 October 2017

Disusun oleh Tim Muri

Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI adalah satelit mikro eksperimen generasi kedua buatan anak bangsa yang memasuki usia dua tahun di orbit ekuator sejak peluncurannya menggunakan fasilitas roket India pada 28 September 2015.

Untuk memperingatinya, LAPAN bersama dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) menyelenggarakan rangkaian kegiatan Kompetisi Tracking Satelit (KOMTRAS) LAPAN-A2/IO-86, Kontes Video Tracking, dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Operasi Satelit Amatir.

KOMTRAS berlangsung pada 22 September 2017 hingga 24 September 2017 sebagai ajang kompetisi komunikasi melalui satelit ekuatorial amatir radio. Antusiasme masyarakat radio amarir cukup tinggi, ditilik dari peserta yang berasal dari Aceh, sampai Papua.

Selain kompetisi tracking, sebagian besar peserta merekam aktivitas tracking mereka menjadi video yang akan dikompetisikan dalam Kontes Video Tracking yang dibuka sampai tangal 30 September 2017.

Pada puncak acara, Bimtek Operasi Satelit Amatir akan dilangsungkan pada 30 September sampai dengan 1 Oktober 2017.

Kegiatan tersebut sekaligus sebagai media sosialisasi pemanfaatan satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI di bidang komunikasi amatir radio terkait kebencanaan, sebagai mitigasi bencana yang memanfaatkan teknologi Voice Repeater (VR)

Share :