Memasak Samba Itam di Tungku Terbanyak

Diposting Pada 11 May 2018

Disusun oleh Tim Muri

Dalam rangka Hari Jadi Nagari Sulit Air, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat yang ke-195 Tahun, Organisasi SAS (Sulit Air Sepakat) membuat suatu acara lomba memasak samba itam pada hari Sabtu, 30 April 2016. Kegiatan lomba tersebut memiliki tujuan untuk membangun Desa Nagari Sulit Air agar menjadi tempat atau daerah potensial untuk dijadikan destinasi pariwisata.
Samba Itam merupakan kuliner tradisional khas daerah Aseli Sulit Air. Samba Itam ini terbuat dari bumbu-bumbu khas tradisional Indonesia, yaitu Cabai, bawang putih, kunyit, lengkuas, garam, merica dan lengkuas. Ada satu bahan khusus yang digunakan untuk membuat Samba Itam ini, yaitu Biji Pohon Galundi.
Biji Pohon Galundi merupakan bahan khusus yang membuat Sambal ini menjadi berwarna hitam. Proses pembuatannya adalah dengan cara biji di masak hingga gosong, kemudian biji Galundi ditumbuk hingga halus, kemudian serpihan halus biji Galundi yang hitam pekat ini dicampurkan ke dalam bumbu gulai ayam yang sudah 3/4 matang dan Samba Itam siap disajikan. Sebanyak 481 tungku Samba Itam berhasil mencatatkan rekornya pada MURI. 

Share :