Membasuh Kaki Ibu oleh Anak Binaan Pemasyarakatan secara Serentak di Lokasi Terbanyak

Diposting Pada 18 April 2018

Disusun oleh Tim Muri

Salah satu rangkaian kegiatan Hari Bhakti Kemasyarakatan ke-54 oleh Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Direktorat Jenderal Kemasyarakatan diselenggarakan prosesi membasuh kaki ibu oleh para anak didik pemasyarakatan atau anak yang dipidana dan menghuni Lembaga Pemasyarakatan. Acara ini dipusatkan di LPKA Tangerang yang bertajuk Family and Society Gathering dengan slogan "Tetap Ceria Meraih Asa".

Kegiatan membasuh kaki ibu secara serentak dilaksanakan di seluruh LP ibu kota provinsi di Indonesia, diikuti oleh 1.002 Anak Didik Pemasyarakatan yang terdiri dari 977 anak laki-laki dan 25 perempuan.

Dengan suasana penuh haru, sebagai ungkapan bakti dan permohonan maaf kepada orangtua, sekaligus penyadaran atas kesalahan yang telah dilakukan seraya menjaga relasi kasih antara orangtua dan anak, kendati dipisahkan oleh ruang dan waktu tembok Lembaga Pemasyarakatan.

Meskipun menghuni lapas, narapidana anak juga mendapatkan pendidikan, binaan dan pelatihan serta rehabilitasi mental untuk menyiapkan dirinya setelah keluar dan berbaur dengan masyarakat.

Share :