Mengenakan Ulos Jenis Terbanyak

Diposting Pada 02 February 2020

Disusun oleh Tim Muri

Ulos adalah kain selendang tenun khas Batak yang penggunaannya bukan sekadar kain bagian aksesoris busana. Memiliki makna simbolis yang dalam yang tidak dapat dipisahkan dari denyut aktivitas adat, ulos selalu berhubungan dengan aspek kehidupan masyarakat Batak yang dituangkan dalam cara pemakaian, jenis, dan status dalam pemakaiannya pada kegiatan sehari-hari maupun saat acara besar.

Diperkirakan telah dikenakan mulai abad 14, ulos memiliki 3 warna dasar, yakni merah, hitam dan putih, sebagai bagian sumber kehangatan, juga melambangkan ikatan kasih sayang antara orang tua dengan putra-putrinya atau antara seseorang dengan sesama, seperti yang tersirat dalam falsafah masyarakat Batak.

Pemakaian 27 jenis ulos dilaksanakan pada Kongres I Punguan Siraja Hutagalung Dohot Boruna Se-Dunia di Gedung Maria Convention Hall Jakarta yang dihadiri 3.000 Hutagalung.

Jenis ulos yang dikenakan para hadirin antara lain ulos antak-antak, bintang maratur, bolean, godang, harungguan, lobu-lobu, mangiring, padang ursa, pinuncaan, ragi haranga, dan lainnya.

Share :