Operasi Transplantasi Langsung Stem Cell ke Otak Pertama pada Kasus Stroke

Diposting Pada 02 June 2022

Disusun oleh Tim Muri

Dr. dr. Asra Al Fauzi, S.E., M.M., Sp.B.S.(K), FICS, FACS, IFAANS merupakan dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga yang juga aktif sebagai sekretaris jenderal Perhimpunan Spesialis Bedah Saraf Indonesia (PERSPEBSI) periode 2017-2021 dan Secretary General of ASEAN Neurosurgical Society periode 2017 – 2019.

Selain itu, Dokter Asra didapuk sebagai Ketua Surabaya Neuroscience Institute (SNeI) dan Ketua Komite Tetap Kesehatan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Surabaya. Dalam lingkup internasional, ia menduduki jabatan sebagai Executive Board Member di beberapa perhimpunan bedah saraf internasional.

Sebuah tanda bahwa Dokter Asra merupakan seorang dokter, pendidik, peneliti, penulis, sekaligus instruktur di bidang bedah saraf yang diakui baik secara nasional maupun internasional. Menyandang Sarjana Kedokteran sejak tahun 1996 serta menyelesaikan sarjana ekonomi pada tahun 2001 dan mendapatkan spesialisasi bedah saraf dari Universitas Airlangga Surabaya pada tahun 2007, ketertarikannya pada ilmu yang mempelajari kelainan otak dan pembuluh darah membawanya ke Jepang (tahun 2007-2008) untuk lebih memperdalam ilmunya. Seakan tidak pernah hilang rasa hausnya akan ilmu pengetahuan, dokter yang pernah menjadi dokter teladan nasional pada tahun 1998 ini, menyelesaikan pendidikan Magister Manajemen (MM) dari Universitas Ciputra Surabaya pada Oktober 2017.

Dokter Asra mendapat anugerah MURI atas terlaksananya operasi transplantasi langsung stem cell ke otak pertama pada kasus stroke.

Share :