Pagelaran Wayang Kulit secara Daring Terlama

Diposting Pada 19 September 2020

Disusun oleh Tim Muri

Gus Haji Mas Sulthon merupakan seorang pengusaha, kiai, pegiat seni dan salah satu tokoh masyarakat Jawa Timur yang tinggal di Mojokerto serta memiliki binaan dalang dan selalu mementaskan pagelaran wayang kulit minimal satu kali tiap bulan saat hari Minggu Legi malam Senin Pahing.

Pada tahun 2020, HUT Kemerdekaan RI berdekatan dengan Tahun Baru Islam yang jatuh pada tanggal 20 Agustus, Gus Haji Sulthon mengemas kepeduliannya mengadakan pentas seni budaya dengan mengadakan Pagelaran Wayang Kulit Virtual Daring 7 Malam dengan lakon cerita "Wahyu Rejeki Agung Lumintu".

Pentas pagelaran wayang kulit virtual dimulai sejak tanggal 19 Agustus 2020 atau hari pertama dengan dalang Ki Sugiman dan hari selanjutnya diteruskan oleh Ki Sunari, Ki Sabar Suroso, Ki Bagas Aprilian, Ki Setyo Wahyudi, Ki Sumedi Sabdono dan tanggal 25 Agustus atau hari ketujuh ditutup oleh dalang Ki Puthut Wijanarko.

Pagelaran wayang virtual dengan satu lakon cerita diselenggarakan dalam masa pandemi selain sebagai wujud kepedulian terhadap kelestarian budaya juga kepedulian terhadap nasib seniman yang memiliki dampak cukup signifikan akibat pandemi.

Share :