Pameran Foto Internasional Bertema Merapi dan Borobudur dengan Peserta Mancanegara Terbanyak

Diposting Pada 02 August 2022

Disusun oleh Tim Muri

Bara-Api dipilih sebagai tema pameran yang berlangsung pada 23 Juli-23 Agustus 2002. Kata "Bara" diambil dari nama lama Candi Borobudur, yakni Bara Beduhur yang berarti wihara di tempat tinggi. Adapun kata "Api" diambil dari nama Gunung Merapi.

Sebanyak 20 fotografer kawakan digandeng untuk turut berperan sebagai dewan kurator pameran. Anggota dewan kurator menyeleksi ketat sekitar 400 karya foto yang dikirim calon peserta pameran hingga menjadi 280 lembar foto.

Angka cantik sengaja ditetapkan panitia agar jumlah fotografer yang berpameran sebanyak 222 orang dan dari 22 negara (Argentina, Australia, Bangladesh, Brazil, Tiongkok, Denmark, Jerman, India, Malaysia, Malta, Myanmar, Selandia Baru, Filipina, Polandia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Sri Lanka, Thailand, Turki, Amerika Serikat, Vietnam dan Indonesia).

Peserta yang ikut pameran terdiri dari dari berbagai usia. Yang tertua usia 96 tahun atas nama Soejai Kartasasmitra, sedangkan peserta termuda 15 tahun atas nama Khairu.

Karya para peserta pameran dicetak dengan bahan flexy dan sebagian besar berukuran panjang 1,5 meter dan lebar 1 meter. Selain dipajang di dalam ruang pameran Museum H Widayat dan ruang Galeri Hj. Soewarni, sekitar delapan foto peserta pameran dipajang di luar ruang galeri di areal museum yang luasnya 11.000 meter persegi.

Share :