Penanaman Tumbuhan Endemik Terbanyak

Diposting Pada 15 August 2020

Disusun oleh Tim Muri

Memperingati dan memeriahkan HUT ke-75 RI dengan tema “Indonesia Maju”, PT Pertamina (Persero) RU IV Cilacap melakukan kegiatan pelestarian lingkungan hidup dengan penanaman flora endemik asli Kabupaten Cilacap, yaitu pohon wijaya kusuma sebanyak 75 bibit pohon yang disesuaikan dengan angka HUT ke-75 RI.

Lokasi penanaman wijaya kusuma di Komperta Katilayu Tegalkamulyan sebagai Kawasan Wijaya Kusuma Edupark yang berfungsi sebagai sarana pembelajaran berbagai kalangan, seperti siswa, mahasiswa, peneliti, dan masyarakat umum.

Pelaksanaan penanaman dilakukan dalam 3 tahap, yaitu survey dan eksplorasi yang dilakukan selama 10 hari dan eksplorasi selama 20 hari yang sudah dilakukan pada bulan Juni dan Juli, kegiatan penanaman dilaksanakan pada 15 Agustus 2020, serta perawatan berkala dilakukan selama 6 bulan pascapenanaman.

Sebagai salah satu kawasan konservasi di Kabupaten Cilacap, cagar alam Wijaya Kusuma tujuan penetapannya memang untuk melindungi pohon wijaya kusuma keraton atau Pisonia grandis var silvestris.

Kawasan ini hanya terdapat pohon wijaya kusuma saja dan hingga saat ini belum ada tindakan yang dilakukan sebagai upaya konservasi tumbuhan tersebut dan baru sebatas pendataan dan pengamatan, namun belum sampai konservasi eks-situ atau di luar kawasan konservasi.

Kegiatan konservasi yang dilakukan secara eks-situ oleh Pertamina RU IV Cilacap berharap spesies tersebut dapat terus dipertahankan keberadaannya untuk kepentingan ilmu pengetahuan, pendidikan dan penelitian.

Share :