Penandatanganan Prasasti Peresmian Kantor Terbanyak

Diposting Pada 20 March 2019

Disusun oleh Tim Muri

Sebagai wujud upaya perlindungan konsumen dan membangun kesadaran masyarakat menjadi konsumen yang cerdas dan cermat dalam bertransaksi, Kementerian Perdagangan mendirikan 253 Unit Metrologi Legal di kabupaten/kota yang prasasti peresmiannya ditandatangani serentak oleh Menteri Perdagangan RI, Dr. Drs. Enggartiasto Lukita.

Peringatan Hari Konsumen Nasional 2019 dipusatkan di Bandung dengan tema “Saatnya Konsumen Berdaya” yang bertujuan menyadarkan konsumen untuk cerdas, mandiri dan sadar atas hak dan tanggung jawab sekaligus menumbuhkan kepedulian kepala daerah serta pemangku kepentingan dalam perlindungan konsumen melalui pembentukan Unit Metrologi Legal.

Metrologi Legal adalah hal yang berkaitan dengan akurasi pengukuran atas alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya yang berdampak atas transaksi ekonomi, kesehatan dan keselamatan, yang dilakukan oleh petugas yang terkualifikasi berdasar undang-undang.

Pada acara yang sama, di Kota Bandung juga diluncurkan “Juru Ukur” yang untuk Jawa Barat diberi nama “Kang Ujang”. Kang merupakan nama panggilan pria yang lebih tua dan Ujang adalah akronim Ukur Timbangan yang bertugas mengukur dan menera ulang timbangan.

Share :