Pengarang Buku Pertama yang Menuliskan Jurus Menyangrai Kopi

Diposting Pada 21 November 2020

Disusun oleh Tim Muri

Steve Ganiputra Hidayat merupakan seorang praktisi dalam dunia kopi selama lebih dari 16 tahun yang pernah menjabat sebagai pakar kopi Dunkin Indonesia, juri kopi American Best Espresso dan beberapa kompetisi lainnya, narasumber KBRI Seoul, narasumber Kemendag dan Duta Kopi Sarinah tahun 2019.

Dalam membuat terobosan dalam penciptaan jurus untuk menyangrai kopi di Indonesia dan mancanegara, ia merupakan insan pertama yang mendaftarkan kekayaan intelektual dalam jurus atau metode menyangrai kopi pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Dengan Hak Cipta yang diterima untuk pencatatan 7 jurus menyangrai kopi yang terdapat di dalam buku "Menyangrai itu Menyenangkan" di antaranya adalah “Jurus Santuy, Jurus Ngebut Kilat, Jurus Tenaga Dalam, Jurus Putaran Topan, Jurus Pakai Bumbu, Jurus Gado-gado dan Jurus Lepas Gas”.

Dari buku yang ditulis tentang jurus-jurus menyangrai kopi diharapkan dapat menjadi salah satu kekayaan intelektual dari bangsa Indonesia dan dapat memberi motivasi dan kreativitas untuk menggali potensi serta mengukir sejarah perkopian Indonesia.

Share :