Perlindungan Program JAMSOSTEK kepada Petani Terbanyak

Diposting Pada 23 September 2020

Disusun oleh Tim Muri

Sebagai salah satu jenis profesi pekerja yang memiliki risiko dalam pekerjaan sehari-hari adalah pekerja di bidang pertanian, petani penggarap merupakan contoh pekerja yang bergerak pada sektor BPU dan memiliki peranan besar dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari masyarakat.

Kebanyakan dari petani bekerja dengan penghasilan yang fluktuatif atau tidak menentu. Selain risiko ekonomi, para petani juga memiliki risiko kecelakaan pada saat bekerja dan tidak terlepas juga dengan risiko kematian yang akan berdampak pada kehidupan sosial ekonomi keluarga.

Dengan adanya risiko tersebut, diperlukan perhatian khusus kepada para petani dalam hal perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk meningkatkan rasa aman dan tenang dalam meringankan biaya pengobatan apabila terjadi kecelakaan kerja.

Kondisi ini mendorong Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk memberikan perlindungan kepada 36.000 petani melalui BPJS Ketenagakerjaan yang merupakan kolaborasi antara Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulut, Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut serta BPJAMSOSTEK Manado.

Share :