Rumpon Tradisional Terbesar

Diposting Pada 16 February 2017

Disusun oleh Tim Muri

Pada peringatan hari Nelayan 2016 Pemerintah Provinsi Bengkulu bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Bengkulu membuat Rumpon Tradisional Terbesar.
Rumpon merupakan salah satu jenis alat bantu penangkapan ikan yang dipasang di laut, baik laut dangkal maupun laut dalam. Cara kerja rumpon adalah menarik gerombolan ikan agar berkumpul disekitar rumpon sehingga ikan mudah ditangkap.

Rumpon yang dibuat tersebut memiliki ukuran tinggi 25 meter, lebar 12,30 meter, menggunakan rangka bambu berdiameter 10 cm, yang dipasangi pemberat dari beton seberat 200 kg.
Tak hanya itu saja, rumpon yang dibuat juga menggunakan pelampung drum plastik yg dipasang pada laut dangkal sedalam 30-35 meter dengan jarak 1 mil dari pulau.

Rumpon terbesar ini dikerjakan selama 3 hari oleh 10 nelayan di Pantai Panjang, Bengkulu. Peruntukannya rumpon ini hanya untuk pengembangan wisata memancing di pulau, bukan untuk nelayan menangkap ikan.
Penyerahan piagam "Rumpon Tradisional Terbesar" diberikan kepada Dr. H. Ridwan Mukti, MH (Gubernur Bengkulu), Ir. Rinaldi,MM (Kadis Kelautan dan Perikanan Bengkulu) di Sport Center Pantai Panjang, Bengkulu, 9 April 2016.

Share :