Seniman Teater yang Mementaskan Monolog Bung Karno Terbanyak

Diposting Pada 23 February 2021

Disusun oleh Tim Muri

Wawan Sofwan, lulusan Pendidikan Kimia UPI Bandung tahun 1991 yang aktif di dunia teater sejak tahun 1985. Sejak tahun 2002 mendalami pentas monolog yang berangkat dari pidato-pidato Bung Karno, pertama kalinya ia membawakan pledoi Indonesia Menggugat dan pentas keliling di Moskow, Berlin, Hamburg dan Denhaag atas sponsor dari Yayasan Bung Karno, kemudian pentas di berbagai kota di Indonesia.

Aktif sebagai sutradara teater dan musikal, aktor teater dan juga pemain monolog serta mendirikan kelompok Mainteater, pria yang akrab dengan sapaan Kang Wawan telah mementaskan monolog Bung Karno sebanyak 85 kali.

Beberapa pidato Bung Karno yang pernah dibawakan antara lain Indonesia Menggugat, Pidato 1 Juni, Sumpah Pemuda, Revolusi Mental, dan sempat bermain film sebagai Bung Karno dalam film Rudi Habibie karya Hanung Bramantyo dan film dokumenter karya Adrian van Dis (Belanda).

Tak hanya bermonolog, Kang Wawan juga menulis naskah monolog "Besok atau Tidak Sama sekali" yang berkisah tentang Bung Karno sebelum membacakan Teks Proklamasi. Monolog ini pernah dipentaskan di Jakarta, Bandung, Berlin dan Paris.

Share :