Unggahan Video Tari Babukung oleh Penari Terbanyak

Diposting Pada 10 December 2021

Disusun oleh Tim Muri

Festival Babukung merupakan kegiatan kebudayaan milik warga di bumi Bahaun Bakuba yang hingga kini konsisten diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah.

Di tahun 2021 Festival Babukung terpilih menjadi satu dari 83 agenda dalam Kharisma Event Nusantara 2021 Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Sejarah Babukung merupakan tarian ritual adat kematian suku Dayak Tomun di Lamandau yang menggunakan topeng karakter hewan tertentu yang disebut Luha, sedangkan penarinya disebut Bukung yang bertujuan untuk menghibur keluarga duka sembari memberikan bantuan.

Dalam perkembangannya, Pemerintah Daerah Lamandau mengubah ritual duka ini menjadi sebuah seni tari yang penuh dengan semangat kebaikan.

Kegiatan Festival Babukung Tahun Anggaran 2021 diselenggarakan secara virtual yang diikuti oleh 85 desa, 3 kelurahan, dan 8 kecamatan dengan mengirimkan 12 penari.

Setiap kelompok menarikan babukung kemudian didokumentasikan secara video dan video tersebut digabungkan di masing-masing wilayah yang kemudian ditampilkan secara virtual serentak pada pembukaan Festival Babukung.

Share :