Berpupur Wajah dan Tubuh Peserta Terbanyak

Diposting Pada 17 October 2018

Disusun oleh Tim Muri

200 peserta berpartisipasi pada prosesi berpupur pada Festival Budaya Irau Malinau. Berpupur adalah mengolesi bedak di wajah maupun tubuh yang merupakan prosesi calon pengantin pria dan wanita pada semalam sebelum disandingkan.

Dilakukan oleh pemangku adat, tetua dan kerabat yang dituakan, calon pengantin pria dipupur dengan bahan yang dibuat oleh keluarga pengantin wanita dan dioleskan oleh beberapa orang sambil diiringi zapin. Dari calon pengantin pria, pupur dibawa ke calon pengantin perempuan dan juga untuk dioleskan.

Dengan filosofi untuk menyucikan jiwa dan memperoleh aura positif ketika bersanding di pelaminan, pupur yang terbuat dari tepung beras dicampur daun sintamulia, nilam, bunga melati, daun cepakau, kunyit kecil atau anakan, daun terasih dan akar-akaran melalui beberapa proses.

Prosesi pemupuran pada umumnya juga diiringi tabuhan hadrah. Pengolesan pupur melalui tahap taburan beras kuning diiringi selawat, bubuk diberi daun pandan yang dicelup air beraroma pada kepala, pundak kanan kiri, lutut kanan kiri, dilanjutkan seluruh kaki, pengolesan lamir (santan) di kepala, pupur dioleskan ke wajah, tangan, kaki dilanjutkan di badan.

Share :