Edukasi Hidup Sehat Mandiri kepada Lansia Terbanyak

Diposting Pada 04 July 2018

Disusun oleh Tim Muri

Lanjut usia merupakan tahap akhir daur kehidupan manusia dengan risiko tinggi ditandai dengan gagalnya mempertahankan keseimbangan kesehatan dan kondisi stress fisiologisnya yang mengakibatkan penurunan daya kemampuan untuk hidup dan kepekaan secara individual, sehingga menjadi tergantung kepada orang lain.

Penyakit yang terbanyak diderita lansia dari lebih 24 juta populasi Indonesia adalah hipertensi dan diabetes melitus (DM).

Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional ke-23, 29 Mei dengan tema "Lansia Sejahtera, Masyarakat Bahagia" Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai menyelenggarakan jambore GERMAS dan GEMAS “Gerakan Masyarakat Sehat” dan “Gerakan Empati Masyarakat Sakit” dengan memberikan edukasi hidup mandiri sejahtera kepada 1.000 lansia.

Kegiatan ini diadakan bertujuan menumbuhkan kesadaran lansia untuk periksa kesehatan secara berkala, kedisiplinan makan makanan sehat dan gemar berolahraga.

Jambore yang juga diisi berbagai lomba contoh makanan sehat untuk lansia dan senam kelompok lansia binaan Puskesmas akan ditindaklanjuti menjadi Pasien Binaan Lansia di antara 20 Puskesmas terdekat.

Share :