Komparasi Penggunaan Listrik Prabayar Tertinggi dibanding Listrik Pascabayar dari Satu Provinsi

Diposting Pada 26 February 2018

Disusun oleh Tim Muri

Listrik Prabayar atau yang disosialisasikan dengan Listrik Pintar adalah sistem penggunaan daya listrik dengan membeli kuota energi listrik melalui voucer.

Nomor kode di voucer kemudian dimasukkan melalui bargainser yang ditempelkan pada meteran listrik. PLN melayani sampai pemakaian 16.500 VA serta telah menjamin standarisasi tera. Pengguna dapat merencanakan dan mengatur sendiri besarnya, dalam pilihan satuan kWh, nominal dan waktunya.

Edukasi dan sosialisasi sistem prabayar yang cukup gencar dilakukan PLN kepada konsumen pascabayar dan pelanggan baru menyebabkan bergeraknya komparasi komposisi sistem yang dipakai konsumen.

Dari 20 wilayah dan distribusi PLN di Indonesia, wilayah Bangka Belitung adalah pengguna sistem prabayar tertinggi, yakni 99 %. Keseluruhan 431.256 pelanggan PLN di Provinsi Bangka Belitung, hanya 4.505 konsumen yang masih menggunakan sistem pascabayar, itu pun merupakan pelanggan besar yang belum bisa dicover dengan sistem prabayar.

Penyerahan penghargaan MURI diawali oleh sosialisasi penggunaaan listrik sebagau daya penggerak kendaraaan, seperti sepeda, sepeda motor dan mobil.

Share :