Kongres Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Peserta Terbanyak

Diposting Pada 28 July 2018

Disusun oleh Tim Muri

Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah disingkat IPPAT adalah perkumpulan bagi para segenap Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) se-Indonesia yang berdiri sejak 24 September 1987 dan telah diakui sebagai Badan Hukum berdasarkan keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Tahun 2017, Kementerian Agraria dan Tata-Ruang Republik Indonesia sebagai satu-satunya wadah bagi semua dan setiap orang yang memangku dan menjalankan tugas jabatannya selaku PPAT sebagai Pejabat Umum.

Salah satu agenda tahunan dalam proses penyelenggaraan perkumpulan IPPAT adalah kongres yang merupakan forum tertinggi perkumpulan. Penyelenggaraan kongres telah diatur dan diamanahkan dalam Anggaran Dasar IPPAT yang pelaksanannya dilakukan sekali dalam 3 (tiga) tahun.

Kongres ke-7 ini merupakan yang terbesar dan amanah dari Kongres VI di Bandung tahun 2014 serta kongres lanjutan di Surabaya pada tahun 2015.

Dalam penyelenggaraan kali ini, dirangkaikan dengan pelaksanaan peningkatan bagi 4.671 anggota yang hadir dengan tujuan untuk merumuskan kebijakan-kebijakan terkait perubahan serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, memilih dan menetapkan Katua Umum dan pengurus pusat, serta forum silahturahmi dan sebagai penyegaran keilmuan dalam bidang agraria atau pertanahan.

Share :