Lomba Menyajikan Urab oleh Perempuan Terbanyak

Diposting Pada 27 September 2018

Disusun oleh Tim Muri

Guci Tegal adalah tempat wisata yang terkenal sebagai pemandian air hangat. Sumber air hangat yang memiliki ketinggian 1.050 mdpl ini berlokasi tepat di bawah kaki Gunung Slamet, Desa Guci Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal.

Pada Festival Guci untuk menarik wisatawan, panitia mengagendakan beberapa acara, antara lain lomba mewarnai, pagelaran tari kuntulan khas Tegal dan lomba penyajian urab yang melibatkan 677 perempuan. Urab adalah hidangan salad berupa sayuran yang dimasak (direbus) kemudian dicampur sambal kelapa sebagai pemberi cita rasa.

Sayuran yang lazim digunakan sebagai bahan urap antara lain bayam, kangkung, daun singkong, daun pepaya muda, kacang panjang, taoge dan kubis. Untuk bumbu sambal kelapa yang dicampurkan adalah kelapa parut, bawang merah, bawang putih dan cabai merah halus, air asam jawa, kencur, garam serta gula jawa.

Peserta yang mengikuti lomba terdiri dari 16 perwakilan kecamatan yang berada di wilayah Tegal yang terdiri dari ibu-ibu PKK serta siswi dari SMA/SMK.

Share :