Membaca Kitab Mazmur secara Berbalasan oleh Kaum Bapak Terbanyak

Diposting Pada 01 November 2018

Disusun oleh Tim Muri

Perayaan ulang tahun ke-10 Persekutuan Kaum Bapak Gereja Toraja (PKBGT) Klasis Makassar Timur diselenggarakan dengan ibadah syukur di Kompleks Bala Tamalanrea.

Dihadiri oleh Anggota dan Undangan Kaum Bapak sebagai rangkaian bagian tata ibadah, 642 jemaat membaca Kitab Mazmur-Mz 119:1-105 secara berbalasan yang kemudian dikumpulkan untuk disumbangkan kepada jemaat di daerah pelosok.

Kitab Mazmur atau Zabur adalah bagian dari Alkitab Perjanjian Lama yang merupakan kumpulan 150 mazmur, nyanyian dan doa yang dipercaya mayoritas adalah gubahan Daud, ditulis dalam rentang masa beberapa abad yang terakhir ditulis sekitar tahun 530-an sebelum masehi. Rencana Allah dengan wahyu para Nabi mengirimkan Juru Selamat bagi umatNya menjadi tema yang diulang berkali-kali dalam kitab Mazmur.

Kata tanggapan atau responsorialis meskipun berarti jawaban, tidak menjawab bacaan pertama tetapi menunjuk sebagai tanggapan jemaat sebagai artikulasi kesukacitaan, atau bahkan juga penyesalan dalam bentuk madah ataupun bacaan atas apa yang telah Allah perbuat dalam sejarah keselamatan umat.

Share :