Mengenakan Ulap Doyo oleh Kaum Milenial Terbanyak

Diposting Pada 17 March 2019

Disusun oleh Tim Muri

Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) secara serentak menggelar kegiatan Millennial Road Safety Festival (MSRF) di wilayah hukum masing-masing termasuk Kutai Barat yang saat ini membawahi 2 kabupaten sekaligus yakni Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Mahakam Ulu.

Kegiatan ini merupakan agenda nasional yang dilaksanakan dalam rangka menekan angka kecelakaan lalu lintas, mengingat terjadinya tren peningkatan kecelakaan lalu lintas di seluruh wilayah Indonesia yang penyumbang utamanya merupakan kaum milenial.

Atas kejadian tersebut, maka digagaslah MRSF yang bertujuan mencegah terjadinya kecelakaan terutama terhadap kaum milenial dengan motto "Zero Accident menuju Indonesia Gemilang Mewujudkan Milenial Cinta Lalu Lintas". Dalam rangka Milenial Road Safety Festival 2019, Kepolisian Resor Kutai Barat bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Kalimantan Timur dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat menyelenggarakan kegiatan mengenakan ulap doyo yang melibatkan 3.545 peserta dari pelajar di Kabupaten Kutai Barat ditambah masyarakat umum,dan kalangan pemerintahan.

Tenun Ulap doyo merupakan seni menenun kain dari suku Dayak Benuaq di Tanjung Isuy Kabupaten Kutai Kalimantan Timur. Disebut doyo karena bahan utamanya adalah serat daun doyo yang memiliki serat kuat untuk dijadikan benang.

Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini menambah kecintaan kaum milenial terhadap kearifan lokal ulap doyo.

Share :