Minum Sirup Jeruk Kalamansi Peserta Terbanyak

Diposting Pada 17 November 2018

Disusun oleh Tim Muri

Peresmian Gedung Dekranasda Provinsi Bengkulu dimeriahkan dengan Festival Kuliner Berbahan Pangan Lokal. 2.000 sirup jeruk kalamansi dalam kemasan botol maupun gelas diminum bersama-sama oleh tamu yang datang.

Jeruk kalamansi yang juga disebut limau kesturi dari Tiongkok dengan rasa asam dan berbau harum memiliki kulit dengan permukaan halus dan berpori minyak. Berwarna hijau kekuningan ketika telah masak, jeruk kalamansi berdiameter 3–4 cm yang dicanangkan sebagai produk unggulan di Bengkulu karena tingginya daya jual dan cepatnya masa panen.

Hasil jeruk kalamansi yang melimpah kemudian dibudidayakan dan diproduksi menjadi olahan berupa "Sirup Kalamansi" sebagai pilihan buah tangan khas dari Bengkulu, bahkan destinasi wisata dengan diresmikannya Kampung Digital Wisata Kalamansi.

Penanaman secara massal di pekarangan penduduk merupakan respons masyarakat Bengkulu atas pencanangan gerakan "Satu Desa Satu Produk" oleh Wakil Presiden Boediono pada 14 November 2009 yang diharapkan bisa terangkat dengan program satu desa satu produk, baik kerajinan tangan maupun agroindustri.

Share :