Pagelaran Tari Kapuas Lewun Itah Badengkoy Pramuka Terbanyak

Diposting Pada 23 March 2019

Disusun oleh Tim Muri

Pada peringatan Hari Jadi ke-213 Kota Kuala Kapuas serta HUT ke-68 Pemerintah Kabupaten Kapuas, 7.111 anggota dan pembina Pramuka Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kapuas mempergelar Tari Kapuas Lewun Itah Badengkoy.

Kapuas Lewun Itah Badengkoy adalah gabungan kata dari “Kapuas” yang merupakan sebuah kabupaten tertua di Kalimantan Tengah dan beribu kota di Kuala Kapuas, “Lewun itah” memiliki arti tanah tempat tinggal kita, dan “Badengkoy” artinya tarian yang dengan musik yang bisa dilakukan siapa saja sebagai wujud rasa gembira .

Terdiri dari dua bagian, Kapuas Lewun Itah ialah tari garapan baru yang menggambarkan semangat kerja dalam suka cita dan diiringi musik serta syair berbahasa Dayak Ngaju, sedangkan Badengkoy adalah tari yang menggambarkan suasana gembira khas daerah siku Dayak Ngaju.

Pagelaran ini merupakan upaya membentuk karakter anak dan pramuka Indonesia sebagai kader, pembangun dan penerus bangsa yang cinta Tanah Air, serta dapat melestarikan budaya bangsa khususnya tari Dayak Ngaju di Kalimantan Tengah.
 

Share :