Pagelaran Tari Zapin Berayun oleh Anak Usia Dini Terbanyak

Diposting Pada 10 December 2018

Disusun oleh Tim Muri

Diselenggarakan tiap tahun, Gebyar PAUD Kota Jambi 2018 yang dimulai sejak 5 Desember dan puncaknya digelar tari zapin berayun oleh 4.000 Anak Usia Dini dari 11 Kecamatan dengan mengenakan busana daerah, yang juga diikuti Bunda PAUD Kota Jambi, Bunda PAUD Kecamatan serta Pejabat Utama Kota Jambi.

Tari zapin adalah khasanah tarian rumpun Melayu yang mendapat pengaruh dari Arab. Dirunut dari sejarah, tari zapin bermula dari tarian khusus bagi kalangan istana kesultanan Yaman di masa silam pada masa perdagangan lintas benua sekitar awal abad 16 oleh saudagar Arab. Kesenian ini dibawa dan diperkenalkan kepada masyarakat pemeluk Islam, yang di antaranya di sekitar Selat Malaka.

Selain menghibur, tari zapin juga sebagai media dakwah Islamiyah melalui syair lagu zapin yang didendangkan oleh musik pengiring dengan dua alat yang utama yaitu alat musik petik gambus dan tiga buah alat musik tabuh gendang kecil yang disebut marwas.

Sebelum tahun 1960, zapin hanya ditarikan oleh penari laki-laki, namun kini sudah biasa ditarikan oleh penari perempuan bahkan penari campuran laki-laki dengan perempuan.

Share :