Pagelaran Wayang Kulit dengan kelir Terpanjang

Diposting Pada 10 November 2018

Disusun oleh Tim Muri

Memperingati Hari Wayang Sedunia (HWD) ke-4, ISI Surakarta menggelar pementasan wayang kulit dari 6 November 2018 hingga 9 November 2018. Dimulai dengan pentas wayang beber dari Pacitan, dilanjutkan wayang boneka, wayang krucil dan ditutup pagelaran wayang kulit kolaborasi  dengan lakon Pandhawa Kumpul dengan kelir atau layar sepanjang 150,5 meter.

Diisi 1.000 wayang kulit, pagelaran wayang dimainkan oleh 8 dalang secara bergantian mulai pukul 21.00 - 03.00 dini hari serta didukung 25 pengrawit dan 27 sinden.

Dalam peringatan Hari Wayang Sedunia, diharapkan kesenian wayang tidak hanya dipahami sebagai fenomena artistik dan estetik, tetapi juga fenomena sosial dan kultural dalam kerangka kebangsaan serta kesatuan dalam keberagaman.

Share :

Pagelaran Wayang Kulit dengan Kelir Terpanjang

Diposting Pada 11 April 2016

Disusun oleh Tim Muri

Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Dunia-Indonesia) untuk Pagelaran Wayang Kulit dengan Kelir Terpanjang. Pemecahan rekor berlangsung di halaman Pasar Segamas Kota Purbalingga pada Senin, 11 April 2016.
Kelir (layar) wayang yang digunakan untuk pementasan wayang kulit memiliki panjang 56,5 meter. Dengan kelir sepanjang ini, pagelaran wayang digerakan oleh 77 seniman. Dalang yang tampil berjumlah tujuh orang, diiringi 25 sinden, 34 penabuh gamelan, serta tujuh cempurit.

Penyerahan piagam rekor "Pagelaran Wayang Kulit dengan Kelir Terpanjang" dengan nomor rekor 7.381 diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Purbalingga dan Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purbalingga.

Share :