Pelantikan Pejabat Publik Terbanyak

Diposting Pada 15 August 2018

Disusun oleh Tim Muri

Sebagai lembaga penyelenggara pemilihan umum yang mengawasi penyelenggaraan pemilu di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) merupakan satu dari tiga penyelenggara pemilu di Indonesia bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) memberikan penguatan kepada Bawaslu dalam melakukan pencegahan dan penindakan dengan kewenangan memutus terhadap sengketa proses pemilu dan pelanggaran administrasi.

Selain itu, secara kelembagaan untuk melaksanakan kewenangan tersebut diberi penguatan dengan dipermanenkannya Pengawas Pemilu (Panwaslu) di tingkat kabupaten/kota menjadi Bawaslu Kabupaten/Kota dengan penambahan jumlah anggota sebanyak 3 (tiga) atau 5 (lima) orang dan masa tugas komisioner selama lima tahun.

Dalam rangka menjalankan perintah UU Pemilu, maka pada 15 Agustus 2018 di Hotel Bidakara Jakarta, Ketua Badan Pengawas Pemilu, Abhan, S.H. secara serentak melantik 1.914 pejabat publik yang berasal dari 514 kabupaten/kota di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Share :