Pembagian Pembatas Buku Terbanyak

Diposting Pada 16 April 2018

Disusun oleh Tim Muri

Elaine Felicia Christina Kusuma adalah siswa British School Jakarta di Bintaro yang tersentuh dan mencoba membantu ketika menjenguk penderita talasemia di RS Harapan Bunda, Pasar Rebo saat tugas sekolah.

Penyakit talasemia adalah kelainan darah yang bersifat genetik, para penyandang mengalami ketidakseimbangan produksi salah satu jenis protein dalam hemoglobin yang mengakibatkan sel darah merah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah yang cukup. Penanganan talasemia memerlukan transfusi darah dengan frekuensi berbeda-beda yang pada umumnya 2-3 minggu sekali sepanjang hidup.

Kebutuhan transfusi darah bagi penyandang talasemia yang terus-menerus itulah mendorong Elaine mengambil prakarsa untuk mengimbau masyarakat, terutama kaum muda agar peduli dengan menjadi pendonor darah melalui Palang Merah Indonesia. Imbauan diwujudkan melalui pembatas buku yang dibagikan secara gratis.

Dirancang dalam 5 (lima) jenis, 4 berbahasa Inggris dan 1 Bahasa Indonesia, pembatas buku dibagikan ke 5 lokasi, seperti pondok pesantren di Karawang, pertunjukan musik di Karawang dan Subang, serta 2 titik di wilayah hari bebas kendaraan Jakarta dengan jumlah total 41.350 lembar pembatas buku.

Share :