Sajian Apem Terbanyak

Diposting Pada 29 November 2018

Disusun oleh Tim Muri

Dalam rangka Hari Ulang Tahun KORPRI ke-47 tahun 2018 dengan tema Melayani, Bekerja dan Menyatukan Bangsaā€¯, Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Pekalongan menyelenggarakan syukuran dengan menyajikan 17.500 apem yang ditempatkan di 35 bakul yang masing-masing berisi 500 apem. Apem tersebut kemudian dinikmati seluruh peserta upacara untuk mengangkat, mengenalkan dan mempromosikan kue apem kesesi ke tingkat nasional.

Apem merupakan kue tradisional dari tepung beras dan gula jawa atau gula aren berbentuk bulat pipih berwarna coklat yang dilapisi daun pisang dengan tekstur kenyal dan memiliki rasa manis yang legit. Diperlukan dandang, anyaman, sarangan dan daun. Anyaman dan sarangan dibuat dari bambu yang dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat mencetak apem.

Proses pembuatan apem diawali dengan mencuci beras lalu direndam selama dua malam, dan digiling menjadi tepung yang diuleni atau diaduk rata sampai berbentuk adonan. Adonan tepung diberi tambahan gula merah cair yang selanjutnya dicetak dan dikukus selama 10 menit.

Share :