Sajian Nasi Astakona Terbesar

Diposting Pada 09 December 2018

Disusun oleh Tim Muri

Astakona adalah suatu istilah dari sastra Indonesia lama yang berarti segi banyak. Mempunyai filosofi menarik sebagai kuliner dari tradisi Kesultanan Banjar, nasi astakona disajikan pada suatu upacara tertentu atau sebagai santapan bersama tamu kehormatan.

Nasi astakona merupakan gambaran dari banyaknya sajian yang terhidang pada suatu tempat, khususnya dari talam (nampan besar) berbentuk bundar besar dari kuningan di atas kaki tunggal yang bertumpang tiga atau lima susun.

Banyaknya sajian ini merupakan sebuah kesatuan hidangan yang terdiri atas tiga komponen pokok makanan yaitu nasi, lauk pauk dan buah-buahan yang mengandung makna sebagai gambaran keterikatan hidup atau ketergantungan antara manusia dengan tanah, air dan udara.

Pada Festival Kuliner banjar, disajikan nasi astakona dengan diameter bawah berukuran 7,8 meter. Piring nampan pertama berisi nasi kuning, abon haruan, garnis tomat, lombok besar, bilungka, daun pisang, bawang goreng, telur bumbu rujak. Piring kedua disajikan nasi kebuli, udang galah, ubi-ubi, otak-otak pipih, daun sop, telur dadar, wortel, cabe merah dan daun selada. Piring ketiga terdapat ayam lenggang kencana, acar manis, ikan acar kuning, sayur acar kuning, sambel goreng daging dan kentang, telur bumbu rujak dan sate babakung.

Sajian ini menghabiskan 175 butir kelapa, 50 liter beras, 40 kilogram haruan dan 10 kilogram udang galah.

Share :