Santapan ‘Isi Piringku’ Peserta Terbanyak

Diposting Pada 18 November 2018

Disusun oleh Tim Muri

Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional di Parkir Timur Senayan salah satunya diisi dengan Festival 'Isi Piringku' yang menyajikan 3.284 porsi menu 'Isi Piringku'.

'Isi Piringku' adalah formula menu yang diciptakan Kementerian Kesehatan sebagai pedoman konsumsi sehari-hari dalam memenuhi gizi seimbang untuk menggantikan slogan ‘4 sehat 5 sempurna’ yang dinilai tidak relevan lagi bagi masyarakat Indonesia.

‘Isi Piringku’ berisi satuan porsi makan dalam satu piring yang terdiri dari 50 persen sayur dan buah, serta 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein.

'Isi Piringku' merupakan bagian dari GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang dicetuskan oleh Kementerian Kesehatan sebagai pedoman pola hidup sehat dengan cara melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

Hal tersebut untuk menanggulangi meningkatnya angka Penyakit Tidak Menular di Indonesia karena terjadinya perubahan pola makan masyarakat yang lebih gemar mengonsumsi makanan instan dan kurangnya aktivitas fisik.

Share :